Home / Militer / Wujud Penghormatan, Kodim 0913/PPU Gelar Upacara Militer Pemakaman Legiun Veteran 45

Wujud Penghormatan, Kodim 0913/PPU Gelar Upacara Militer Pemakaman Legiun Veteran 45

PENAJAM.korem091-tniad.mil.id – Pejuang kemerdekaan Veteran asal Kelurahan Gunung Steleng Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Soekarno bin Darmokaryo meninggal dunia diusia (93) tahun akibat sakit, pada Minggu (08/11/2020) pukul 18.30 Wita di Pemakaman Muslim, Jl Jambu RT 07 Kel Gunung Steleng Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kaltim, Senin (09/11/2020).

                                            

Mewakili Dandim 0913/PPU, Danramil Waru Kapten Inf Slamet Pamuji memimpin prosesi pemakaman secara Militer. Diketahui Almarhum Suekarno yang merupakan Pejuang Veteran tercatat di LVRI dan menjadi Ketua Legiun Kabupaten PPU dan meninggal pada usia 93 Tahun sehabis sholat magrib.

Dandim 0913/PPU Letkol Inf Dharmawan S.N, S.I.P., mengatakan, “Pelaksanaan pemakaman militer pagi ini merupakan bentuk penghormatan terakhir terhadap almarhum pejuang Veteran. Upacara militer yang dilaksanakan ini merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan kepada almarhum atas jasa-jasanya selama masa perang kemerdekaan di Indonesia”, ucapnya.

 “Kami pun berterimakasih kepada almarhum Bapak Soekarno, atas jasa-jasa selama berjuang untuk kemerdekaan Negara Republik Indonesia. Terima kasih juga saya tujukan kepada seluruh LVRI Kab PPU dan kepada lapisan masyarakat sehingga prosesi pemakaman dapat berjalan dengan tertib dan lancar”,pungkasnya.

“Upacara kebesaran ini dilaksanakan sebagai penghormatan dan penghargaan pemerintah atas jasa dan pengorbanan almarhum kepada negara dan bangsa yang telah dilaksanakan sepanjang hidupnya”, sambutnya.

“Walaupun demikian sebagai manusia biasa kepergian almarhum yang kita cintai, tentunya tidak luput dari rasa duka yang mendalam Oleh sebab itu pada kesempatan ini kepada keluarga almarhum saya selaku inspektur upacara dan atas nama seluruh teman sejawat almarhum menyatakan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya dengan memanjatkan doa Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan ketabahan dan kesabaran serta bimbingan dan perlindungan kepada seluruh keluarga yang ditinggalkan”, jelasnya.

Lanjutnya ,“Kepada keluarga almarhum sekali lagi saya menyatakan Bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas kepergian almarhum. Akhirnya marilah kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa semoga kesalahan dan kekhilafan almarhum diampuni dan mendapatkan tempat yang layak di sisiNya”, pungkasnya.

Sementara itu dari pihak keluarga, Wakil Bupati PPU Ir.Hamdan.P menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI atas terlaksananya upacara militer sebagai penghormatan terakhir kepada almarhum.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0913/PPU yang telah melaksanakan upacara secara militer kepada warga kami sebagai penghargaan atas jasa almarhum semasa semasa hidupnya Khusus keluarga besar Kodim 0913/PPU yang memberikan penghormatan terakhir kepada orang tua kami, ,” jelasnya.

Sumber Dim 0913/PPU

Check Also

Peduli Warga Terdampak Covid-19, Altaduri Bagikan Paket Sembako dan Masker

SAMARINDA.korem091-tniad.mil.id – Syukuran Altaduri  digelar dengan cara berbeda. Di tengah pandemi Corona Virus Disease (covid-19), …