Home / Militer / Upacara Virtual, Tidak Mengurangi Khidmat Peringatan HUT TNI ke-76 di masa Pandemi

Upacara Virtual, Tidak Mengurangi Khidmat Peringatan HUT TNI ke-76 di masa Pandemi

 

SAMARINDA – Peringatan HUT TNI ke 76 hari ini diperingati diseluruh jajaran TNI di tanah air, tidak terkecuali di Makorem 091 Aji Surya Natakesuma (ASN) yang ditandai dengan upacara pagi tadi, Selasa (5/10/2021) dengan tema “Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang”.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur Upacara Peringatan ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di halaman Istana Merdeka. Dalam pidatonya, Jokowi mengibaratkan perang melawan Covid-19, seperti perang yang berlarut-larut yang juga sangat menguras tenaga dan membutuhkan kewaspadaan serta pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Bila diibaratkan sebagai perang, melawan virus Covid 19 saat ini seperti dalam perang yang berlarut-larut. Perang yang sangat menguras tenaga, menguras pikiran, mental dan semangat juang. Perang yang membutuhkan kewaspadaan, kecepatan sinergi dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi,” ujar Jokowi.

Namun demikian kata Jokowi, keberhasilan bangsa Indonesia dalam penanganan pandemi covid-19 tak terlepas dari peran besar TNI. Jokowi mengatakan TNI selalu menunjukkan profesionalisme dalam setiap penugasan, kemampuan perorangan, kemampuan satuan.

Pemanfaatan IPTEK termasuk alutsista kata Jokowi telah digunakan dan dikerahkan TNI dalam menunaikan setiap tugas yang diberikan.

Seusai upacara berlangsung, Danrem 091 ASN Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro,SIP,M.Si menegaskan dalam peringatan ini pihaknya akan lebih professional dalam peningkatan keamanan di Kaltim, terutama keamanan di perbatasan.

Menurut Danrem hal ini juga selaras dengan penekanan oleh Presiden Joko Widodo pada sambutannya melalui virtual di Istana Negara dalam peringatan HUT TNI kali ini.

“Alhamdulilah kita telah mengikuti upacara peringatan TNI ke 76 yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo secara virtual, penekanan dari Presiden pastinya kita harus menjaga kekompakan, terus profesional dan menjaga kesehatan, tentunya kedepan dapat lebih baik,”kata Danrem.

Dalam kegiatan ini turut dihadiri sejumlah Forkopimda di Kota Samarinda, termasuk Wakil Walikota Samarinda Rusmadi.

Sebelumnya, Korem 091 ASN juga telah menggelar kegiatan pada Peringatan HUT TNI tahun ini, salah satunya menggelar Doa Bersama dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) TNI yang ke-76 berlangsung di tempat ibadah Masjid Baitulsallam Korem 091/ASN, bagi umat muslim dan tempat ibadah di Aula Wira Yudha Korem 091/ASN bagi umat Nasrani, vaksin, ajangsana Warakawuri dan donor darah.

Sumber Penrem 091/ASN

Check Also

Pangdam VI/Mulawarman hadiri Upacara Detik – Detik Proklamasi HUT Ke 76 Kemerdekaan RI Tahun 2021 di kantor Gubernur Kaltim

SAMARINDA – Pangdam VI/Mulawarman hadiri Upacara Detik – Detik Proklamasi HUT Ke 76 Kemerdekaan RI …