Home / Militer / Semangat Hari Pahlawan Di Tengah Pademi, Korem 091/ASN Gelar Upacara

Semangat Hari Pahlawan Di Tengah Pademi, Korem 091/ASN Gelar Upacara

SAMARINDA – Setiap tanggal 10 November, Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.

Peringatan tersebut didasarkan pada peristiwa “Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya, sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, dengan memakan korban jiwa yang sangat besar.

Hal tersebut yang dilakukan Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) menggelar upacara dalam rangka memperingati hari pahlawan 10 November 2021, dengan tema Pahlawanku Inspiirasiku, dan sebagai Pimpinan upacara Kasrem 091/ASN Kolonel Inf. Triyono,S.Sos. di lapangan Upacara korem 091/ASN Jl Gajah Mada Samarinda, Rabu (10/11/2021).

Dalam amanatnya Menteri Sosial RI Tri Rismaharini di bacakan Kasrem 091/ASN Kolonel Inf. Triyono,S.Sos. “Semangat tekad dan keyakinan pahlawan harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita semua untuk mengemban misi sejarah mengalahkan musuh bersama yang sesungguhnya yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas, hal ini sejalan dengan tema hari pahlawan 2021* PAHLAWANKU INSPIRASIKU *

“Kita mempunyai potensi besar dalam mengembangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan karena Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah dan letak geografis yang sangat strategis tantangan terbesar yang dibutuhkan kerja keras secara berkelanjutan dengan didukung inovasi dan daya kreativitas yang tinggi serta semangat kewirausahaan yang pantang menyerah dalam 20 tahun mendatang 2020- 2040 kita akan memasuki bonus demografi yaitu periode dimana angka dependency ratio mencapai angka minimal dalam periode ini akan terdapat lebih banyak tenaga kerja produktif memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan”, jelasnya.

Menteri Sosial juga mengajak “Saudara-saudara yang saya hormati selain sebagai jasa dan penghormatan bagi para pahlawan yang telah mempertahankan keutuhan negara Indonesia marilah kita bersama meluangkan waktu melakukan hening cipta secara serentak selama 60 detik pada hari ini tanggal 10 November 2021 pukul 08 00 waktu setempat di manapun kita berada, seraya berdoa semoga segala amal ibadah yang telah dilakukan para pahlawan mendapat balasan yang berlipat ganda dari Allah subhanahu wa ta’ala Tuhan yang maha kuasa, kita tentu ingin anak-anak menjadi pemenang untuk itu izinkan saya berbicara tidak ada yang tidak bisa asal kita mau atau tidak anak-anak Indonesia dalam apapun keterbatasannya kalian bisa kembangkan dalam apa saja selama tidak ada putus asa dan tetap bekerja keras di tengah keterbatasan yang ada dan teruslah menjadi anak Indonesia yang sebenarnya dengan memahami menghormati kesepakatan bersama Pancasila, bhineka tunggal Ika, NKRI, undang-undang 1945 semoga kita menjadi pemenang dalam era kehidupan normal yang baru”.

Meski dilaksanakan dengan jumlah peserta yang terbatas, upacara yang diikuti oleh para Para kasi korem 091/ASN, Dan kabalak Aju jajaran Korem 091/ASN. Prajurit dan PNS, dan seluruh peserta upacara tetap menerapkan Protkes Covid 19 sampai dengan selesai, pelaksanaan tersebut berjalan dengan lancar dan penuh Khidmat.

Sumber Penrem 091/ASN

Check Also

Dandim 0901/Smd Bersama Sekertaris BPBD Kota Samarinda Serahkan Bantuan Beras Di Dapur Umum Sempaja

Samarinda – Komandan Kodim 0901/Smd Kolonel Inf Oni Kristiyono goendong, S.H bersama Sekertarris BPBD kota …