Home / Militer / Prajurit Korem 091/ASN Dilibatkan dan Hanya 6 Paskibra Bertugas Saat Pengibaran dan Penurunan Bendera di Kantor Gubernur Kaltim

Prajurit Korem 091/ASN Dilibatkan dan Hanya 6 Paskibra Bertugas Saat Pengibaran dan Penurunan Bendera di Kantor Gubernur Kaltim

SAMARINDA.korem091-tniad.mil.id – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar latihan pengibaran dan penurunan bendera merah putih di halaman Kantor Gubernur Kaltim, Jumat (14/8/2020).

Latihan tersebut dilakukan sebagai persiapan upacara detik-detik proklamasi 17 Agustus. Tahun ini upacara peringatan ulang tahun ke-75 Republik Indonesia hanya dilakukan di halaman Kantor Gubernur Kaltim, mengingat hingga saat ini pandemi Virus Corona ( covid-19 ) belum juga berakhir.

Semua prosesi upacara dilakukan dengan berpedoman pada protokol kesehatan.

Seluruh petugas upacara menggunakan masker, sarung tangan, serta menjaga jarak, sama halnya dengan para peserta upacara, termasuk para tamu undangan nantinya.

“Pagi ini kita lakukan gladi pengibaran dan penurunan bendara merah putih. Semua kita laksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan,” ucap Kepala Dispora Kaltim, Muhammad Syirajudin.

Setelah upacara pengibaran bendera selesai, pihaknya akan melanjutkan mengikuti upacara detik-detik proklamasi secara virtual di Gedung Serba Guna Kantor Gubernur Kaltim terhubung langsung dengan istana negara.

“Setelah kita selesai gelar upacara pengibaran, dilanjutkan detik-detik proklamasi secara virtual dengan istana negara,” tuturnya.

“Nanti yang hadir juga tidak banyak, jumlahnya kurang dari 20 orang saja yang terdiri dari Gubernur, Wakil Gubernur, Pangdam VI Mulawarman, Kapolda Kaltim, Ketua DPRD Kaltim Sekda Prov Kaltim, Kanwil Agama, Kepala Kejati, serta para asisten,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pada upacara pengibaran dan penurunan bendera tahun ini, tidak banyak Pasukan Pengibar bendera (Paskibra) yang dilibatkan, hanya terdapat enam petugas, masing-masing tiga petugas untuk pengibaran dan tiga petugas saat penurunan bendera.

“Paskibraka yang bertugas tahun ini merupakan petugas di tahun 2019, tahun ini kami memang tidak lakukan seleksi. Untuk pengukuhan Paskibraka juga sudah dilakukan secara virtual, Kamis (13/8/2020) kemarin,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Upacara peringatan ulang tahun ke-75 Republik Indonesia, Deni Sutrisno mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menghentikan seluruh aktivitas pada pukul 11.17- 11.20 Wita pada 17 Agustus 2020 mendatang.

“Tiga menit hentikan seluruh aktivitas, lalu berdiri tegak, kita mengheningkan cipta sejenak. Nantinya juga ada sirine berbunyi,” katanya.

“Dengan ini kami ingin seluruh masyarakat juga punya semangat yang sama pada peringatan ulang tahun ke-75 Republik Indonesia, tapi tetap harus patuhi protokol kesehatan,” ucapnya.

Pada upacara pengibaran dan penurunan bendera kali ini hanya melibatkan personel Yonif 611/Awang Long, Detasemen B Pelopor Brimob Polda Kaltim, Satpol PP Provinsi Kaltim, serta jajaran Korpri di lingkungan Pemprov Kaltim.

Sumber Penrem 091/ASN

Check Also

Pangdam IV/Mulawarman Dan Danrem 091/ASN Mengikuti Daring Upacara Hari Lahir Pancasila di Kantor Gubernur Kaltim

SAMARINDA.korem091-tniad.mil.id – Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, S.E., M.M., M.Tr (Han) dan Danrem 091/ASN, …