Home / Militer / Pangdam VI Mulawarman Harap Desa Sinergi Hijau Kukar Bisa Lebih Maju Lagi

Pangdam VI Mulawarman Harap Desa Sinergi Hijau Kukar Bisa Lebih Maju Lagi

TENGGARONG.korem091-tniad.mil.id – Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto S.E,.M, M.Tr Han di damping Danrem 091/ASN Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro S.IP, M.Si beserta rombongan tinjau kawasan cadangan pangan strategis nasional Desa Sinergi Hijau dalam rangka meninjau perkembangan pencetakan sawah yang berada di Desa Tanjung Batu Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur, Rabu (16/12/2020).

“Saya optimis kondisi  Desa Sinergi Hijau dibangun dengan PT Bumi Hijau Pangan bakal panen memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Kutai Kartanegara, bahkan tak menutup kemungkinan juga bisa membantu kebutuhan masyarakat di Kaltim.

Hari ini masih tahap awal berjalan 37 persen, rencananya lahan pertanian bisa diintegrasikan dengan perikanan, perkebunan dilihat potensinya di kahan seluas 460 hektar dengan pengerjaan awal 3 hektar kemudian selanjutnya 100 hektar hingga mencapai 460 hektar,”ujarnya didampingi Danrem 091/ASN Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro dan sejumlah Forkopimda Kabupaten Kutai Kartanegara.

Di bawah langsung kendali Dandim  0906/Tenggarong, kemudian program Desa Sinergi Hijau tercipta dari kondisi pandemi global 2019, karena sampai dengan hari ini angka dunia mencapai 72  juta lebih terjangkit covid 19.

Di indonesia sebanyak  600 000 terjangkit.Indonesia bersyukur , negara kita jauh lebih sedikit dan terus berupaya menangani pandemi.

Karena negara Amerika kini paling banyak terpapar angkanya mencapai 12 juta lebih. Kemudian di India sampai 9 juta lebih, Brazil angka keterpaparannya juga lebih besar dari Indonesia begitupula pandemi di Negara  Italia dan Prancis,” ungkapnya.

Meskipun angka terpapar sebanyak 600.000 masih bisa dikedalikan karena ada keyakinan  keterpaparannya bisa  bersama sama seluruh rakyat dan semua pihak di wilayah NKRI kendalikan.

“Dari Pemerintah pusat, Pemerintah Daerah, Kodam VI /Mulawarman, Danrem 091/ASN,  Kapolda Kaltim sampai Bhabin kamtibmas yang penting  kita selalu jaga terus pelaksanaan protokol kesehatan,’ ujarnya.

Karena itu yang bisa merubah pola kehidupan masyarakat. Dengan 3 M menerapkan disiplin kesehatan memakai masker, cuci tangan, jaga jarak, hindari kerumunan.

Pemerintah pusat dan daerah terus  berupaya karena sampai hari ini  belum pasti memastikan kapan covid 19 berakhir.

Untuk itu, wilayah mulai dari jajaran Sekretaris Daerah, Bupati, dan Dandim, Kapolres mencegah jangan sampai terpapar banyak. Kabupaten Kukar pernah  fluktuatif jumlah keterpaparan Cocid 19, dan  pernah masuk kelompok yang memberikan angka covid19 disamping ,Kabupaten Berau, Bontang,Sangatta,  Balikpapan, Samarinda.

Sekarang sudah mulai gelombang kedua covid 19.Untuk itu, ia meminta untuk menjaga kesehatan masing masing, bila pandemi panjang maka ekonomi masyarkat .ekonomi minus 5 mudah mydahan bisa beranjak naik.

Sumber Penrem 091/ASN

Check Also

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-42 Tingkat Provinsi Kaltim Dihadiri Danrem 091/ASN

SAMARINDA.korem091-tniad.mil.id – Danrem 091/ASN, Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro. S.Ip. menghadiri Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) …