Home / Militer / Kunjungan Kerja ke Kota Raja, Pangdam Mulawarman Sebut Jajaran Kodim 0906/TGR Kreatif

Kunjungan Kerja ke Kota Raja, Pangdam Mulawarman Sebut Jajaran Kodim 0906/TGR Kreatif

SAMARINDA. korem091-tniad.mil.id – Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) VI/Mulawarman, Mayjen TNI Heri Wiranto, S.E., M.M., M.Tr. (Han), mengapresiasi kiprah Komando Distrik Militer (Kodim) 0906/Tenggarong dalam menjalankan tugas-tugas pokok TNI.

Hal itu dia ungkapkan saat kunjungannya ke Makodim 0906/Tenggarong pada Selasa (18/8/2020) siang. didampingi didampingi Danrem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro,  S.Ip., M.Si. dan unsur Forkopimda Kukar pada kunjungan tersebut.

Dandim 0906/Tenggarong Letkol Inf Charles Alling memaparkan berbagai inovasi dan improvisasi prajurit Kodim dalam menghadapi Covid-19. Mulai dari keberadaan Unit Deteksi yang membantu upaya tracing kontak pasien Covid-19 di wilayah, disinfektan buatan dari daun sirih, temuan berupa box sterilisasi uang buatan Babinsa yang sempat mendapat penghargaan dari Panglima TNI. 

Belum lagi dalam kesiapan menghadapi kebakaran hutan dan lahan, Kodim 0906/Tenggarong menyulap sepeda motor menjadi alat pemadam kebakaran yang dapat menjangkau medan sulit.

Pihaknya juga membantu petani dengan menyediakan pupuk organik guna suksesi ketahanan pangan di Kukar hingga Program Babinsa mengajar, hingga klinik terapung yang menjangkau wilayah pelosok Kukar.

Menurut Pangdam VI/Mulawarman, Kodim 0906/Tenggarong telah menjalankan tugas-tugasnya dengan kreatif dari berbagai aspek. 

“Kegiatan Kodim ini akhirnya menjadi suatu role model, pilot project dan akan terus kita kembangkan. Saya yakin juga Dandim 0906 Tenggarong  berkoordinasi dengan Dandim-Dandim lainnya,” kata Pangdam kepada awak media. 

Diketahui, ada empat hal yang menjadi konsen Pangdam VI/Mulawarman. Mulai dari penanganan pandemi Covid-19, kesiapan terhadap Karhutla, membantu pelaksanaan Pilkada 2020, dan menjaga wilayah perbatasan. 

Pangdam menilai upaya Kodim 0906/Tenggarong sudah mencerminkan apa yang menjadi program prioritasnya.

“Mulai dari memanfaatkan perahu ketinting untuk Babinsa bisa mengajar ke pelosok, klinik terapung dan sebagainya. Ada upaya yang sudah luar biasa,” pungkasnya.

Sumber Penrem 091/ASN

Check Also

Terkait Kaltim urutan Kedua setelah Jakarta, Dandim 0913/PPU beserta unsur terkait terima Vicon dari Danrem 091/ASN

PENAJAM.korem091-tniad.mil.id – Kasus positif Covid-19 di Kalimantan Timur hari ini naik signifikan. Bertambah 382 kasus. …