Home / Militer / Korem 091/ASN Peringati Hari Ibu dan HUT Korps Wanita Angkatan Darat

Korem 091/ASN Peringati Hari Ibu dan HUT Korps Wanita Angkatan Darat

SAMARINDA.korem091-tniad.mil.id – Di Indonesia peringatan Hari Ibu jatuh pada 22 Desember. Jasa dan pengorbanan seorang Ibu memang sangatlah besar dan tak tergantikan oleh apapun.

Selain Peringatan Hari Ibu tersebut, pada 22 Desember juga diperingati sebagai HUT Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad). Korps Wanita Angkatan Darat atau di singkat (Kowad) merupakan Pembentukan Korps Wanita Angkatan Darat yang diilhami oleh hasil perjuangan para Pahlawan Wanita Indonesia.

Terutama Pahlawan Indonesia yang ikut serta menegakkan kemerdekaan Republik Indonesia. Selain itu juga usaha para pendahulu untuk meraih kemajuan bagi kaum wanita.

Sebagai realisasi pembentukan Kowad dikeluarkan Surat Keputusan Pangad No.1056/12/1960 tanggal 21 Desember 1960, lahirlah Corps Wanita Angkatan Darat. Meskipun Kowad disyahkan pada tanggal 21 Desember 1960, namun Hari Kowad ditetapkan tanggal 22 Desember.

Penetapan ini dimaksudkan karena pada tanggal 22 Desember 1938 dilangsungkan Kongres Wanita Pertama yang dikenal Hari Ibu. Karena Hari Ibu merupakan kehormatan bagi ibu Indonesia sebagai ibu keluarga, ibu masyarakat dan ibu bangsa, maka lahirnya Kowad diharapkan sebagai kebanggaan kaum ibu.

Sedangkan di Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) memperingati Hari Ibu dan Korps Wanita Angkatan Darat secara virtual dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jendral TNI Andika Perkasa, Selasa (22/12/2020).

Kasad Jendral TNI Andika Perkasa dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya sehingga kami atas nama TNI AD bisa melanjutkan perjuangan para leluhur pendahulu kita dalam bidang pendidikan dimana kami akan membangun Universitas Jend Achamd Yani menuju Smart Kampus modern mampu bersaing dengan Universitas-Universitas lainnya.

Kami mengharapkan nantinya dengan sudah adanya Smart Kampus Universitas Jend. Achmad Yani bisa menjadikan tempat lahirnya generasi muda yang mampu bersaing dengan negara-nagara lain. Smart Kampus Universitas Jend. Achmad Yani memiliki program study yang tidak ketinggalan bahkan lebih lengkap dan mengedepankan kedisiplinan patriotisme kepada negara Indonesia.

Kami mengharapkan bagi anggota TNI dan keluarganya di seluruh Indonesia dapat menempuh pendidikan di Universitas Jend. Achmad Yani. TNI AD sudah melaksanakan pembangunan rumah bagi prajurit yang layak huni dengan tujuan setiap prajurit kelak disaat pensiun sudah memiliki rumah sendiri.

Kegiatan momentum peringatan Hari Jadi Kowad ini selain untuk mengenang awal berdirinya dan sejarah panjang perjalanan pengabdiannya, juga dapat dijadikan sebagai wahana untuk melakukan evaluasi dan introspeksi terhadap pelaksanaan tugas. Hal ini ditunjukkan  dengan kehadiran  para wanita yang saat ini menduduki  berbagai posisi penting dan strategis dalam bidang pemerintahan, BUMN dan wiraswasta. Di lingkungan TNI AD juga semakin banyak pekerjaan, tugas dan jabatan yang dipercayakan dan terbuka bagi Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad).  

Sebagai Wanita Indonesia, Prajurit Kowad hendaknya senantiasa menjunjung tinggi norma adat Ketimuran, etika, sopan santun serta harkat dan martabatnya sesuai dengan norma agama yang dianut sehingga selalu dihargai dan dihormati dimana pun Kowad berada dan bertugas.

Acara pokok pemotongan tumpeng oleh Karumkit Samarinda Karumkit Mayor Ckm Olivia Pongo selanjutnya diserahkan kepada Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 091 PD VI/Mulawarman  Suzi Cahyo Suryo Putro.

Danrem 091/ASN Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro S.I.P.,M.Si, turut mengapresiasi kinerja Kowad dan mengucapkan selamat hari ibu juga HUT Kowad. “ Apresiasi atas kinerja KOWAD, dan keberhasilan anak karena ada doa dan peran ibu, tambahnya.

Sumber Penrem 091/ASN

Check Also

Penrem 091/ASN Juara 1 Lomba Karya Jurnalistik TMMD, Danrem : Ini Prestasi Yang Luar Biasa

  Samarinda, Danrem 091/ASN Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro., S.I.P., M.Si gelar Syukuran atas pencapaian …