Home / Militer / Di tengah pandemi dan Hari Pancasila, Babinsa Penajam Bangun Rumah Warga

Di tengah pandemi dan Hari Pancasila, Babinsa Penajam Bangun Rumah Warga

PENAJAM.korem091-tniad.mil.id – Di saat pandemi Covid-19 melanda Negri ini semua aktifitas di batasi baik dengan bekerja dan belajar dari rumah, tapi tidak menyulutkan seorang Babinsa Koramil 0913-01/Penajam Untuk mempererat jalinan tali silahturahmi dan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan warga binaannya.

Pertepatan dengan hari lahir Pancasila Babinsa membantu warga dengan membangun rumah di RT 04 Kelurahan Pejala Kecamatan Penajam Kabupaten Penjam Paser Utara (PPU), Senin (1/6/2020).

Pelaksanaan kegiatan di lakukan oleh Babinsa Kelurahan Pejala Serka Bonaji ke warga yang sedang membangun rumah ini selain untuk mengetahui perkembangan yang terjadi di wilayah terutama masalah penyebaran Virus Covid-19, mengingat kondisi sekarang ini sangatlah rawan terhadap penyebaran wabah tersebut sehingga dapat mengantisipasi apabila ada hal-hal yang menonjol di wilayahnya dan dapat diantisipasi serta diadakan cegah dini oleh segenap komponen masyarakat.

Serka Bonaji juga ikut membantu dalam proses pembuatan rumah Bpk Rahman yang berada di lingkungan RT 04 juga sambil menghimbau kepada warganya agar tetap mengikuti protokol kesehatan yang telah di tentukan oleh pemerintah di antaranya selalu menggunakan masker apabila berada di luar rumah, sering mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan tetap jaga jarak.

Jajaran Babinsa Koramil 09013-01/Penajam Kodim 0913/PPU, turut berperan aktif dalam rangka pembinaan Kelurahan/Desa sebagai mitra karib yang selalu bersinegi, mengingat tempat tinggal Babinsa jauh dari wilayah binaannya sehingga diperlukan adanya jaring dalam rangka memberikan informasi tentang situasi dan kondisi yang ada di wilayah desa binaannya.

Danramil Penajam Kapten Inf Imam menyampiakan, “Dengan kehadiran Babinsa yang selalu melekat dengan warga adalah salah satu wujud pembinaan Teritorial dengan metode komunikasi sosial (Komsos) dan Binter.

Kegiatan ini  bertujuan untuk mendukung tugas pokok dari Babinsa yaitu sebagai Bapulket (Badan Pengumpul Keterangan) sehingga dapat diperoleh informasi-informasi yang akurat dan bisa dicegah apabila ada kejadian di wilayah binaannya.

Selain itu dengan adanya kegiatan anjangsana tersebut akan terjalin hubungan emosional, baik dengan individu maupun dengan suatu instansi pemerintahan yang ada diwilayahnya,” pungkas Danramil.

Danramil menambahkan kegiatan ini juga bertepatan hari Kesaktian Pancasila, Babinsa juga menumbuhkan jiwa patriotisme dengan warga bahwa Pancasila merupakan salah satu cara untuk menghormati jasa para pahlawan revolusi yang telah gugur demi memperjuangkan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila adalah untuk menggali kembali sejarah perjuangan bangsa, Pancasila untuk etika moral, politik dan persatuan. Dan juga untuk memperingati bahwa dasar negara kita adalah Pancasila yang sakti, Pancasila tidak sekedar slogan tapi harus dipraktekkan, tutupnya.

Sumber Dim 0913 PPU

Check Also

PERBAIKAN MARKA JALAN DEPAN KOMPI SENAPAN A YONIF 611/AWL BEKERJA SAMA DENGAN POLSEK SAMARINA SEBERANG

KUTAI KARTANEGARA, KOREM091-TNIAD.MIL.ID. – Dalam rangka menjaga Sinegritas TNI-Polri dan mengurangi angka kecelakaan serta menertibkan …