Home / Militer / Danrem 091/ASN :Keberhasilan Binsat Menjadi Kunci Terciptanya Kesiapan Satuan

Danrem 091/ASN :Keberhasilan Binsat Menjadi Kunci Terciptanya Kesiapan Satuan

SAMARINDA.korem091-tniad.mil.id – Apel Komandan Satuan (Dansat) Tersebar Kodam VI/Mulawarman Tahun 2021 digelar secara virtual di masing-masing wilayah. Untuk di Kalimantan Timur, Apel Dansat dilaksanakan di Aula Wira Yudha KOrem 091/ASN, Samarinda, Kamis (25/3/2021).

 

 

Kegiatan apel Dansat di wilayah Kaltim diikuti Danrem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Brigjend TNI Cahyo Suryo Putro S.IP., M.Si., Para Kasi Korem 091/ASN, Para Dandim se Jajaran Rem 091/ASN dan Para Dankabalak Rem 091/ASN.

 

 

Apel Dansat tahun ini mengambil tema Reaktualisasi Peran Komandan Satuan dalam Membangun Satuan yang Profesional, Adaptif dan Dicintai Rakyat.

Sambutan Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Heri Wiranto, MM, MTr (Han), disampaikan melalui vidcon. “Pelaksanaan Apel Dansat tahun ini sama seperti tahun lalu, dimana kita masih dalam situasi Pandemi Covid-19,  tidak bisa melaksanakan apel secara bersama-sama namun dilaksanakan secara tersebar dan dikakukan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan,” sebutnya.

Sampai saat ini, lanjutnya, wilayah di jajaran Kodam VI/Mulawarman masih banyak yang terpapar Covid-19. Namun saat ini, sudah mulai terjadi penurunan.

“Sebagai Dansat, harus memiliki kemampuan dengan baik, serta memiliki ilmu di bidang masing-masing sehingga profesionalitas dapat terjadi. Kita sebagai organisasi yang menjaga pertahanan negara perlu dilengkapi dengan alutsista yang baik. Kalau kita lihat saat ini, alutsista serta perlengkapan perorangan sudah sangat baik” ucapnya.

Lebih lanjut, dikatakan, tuntutan saat ini kemampuan jajaran harus lebih baik, tergantung tuntutan satuan kita masing-masing. Diingatkan, tidak boleh lelah untuk melakukan yang lebih baik. Harus memiliki kemampuan untuk melakukan adaptasi dengan baik. Terlebih di situasi pandemi saat ini, dimana setiap kegiatan harus selalu menjaga protokol kesehatan.

“Saat ini kita masih dalam pandemi Covid-19. Harapan kita sebagaimana yang telah kita laksanakan 1 tahun ini agar tetap dilaksanakan upaya-upaya untuk penanggulangan Covid-19. Salah satunya saat ini telah dilaksanakan PPKM di wilayah masing–masing dan juga saat ini telah dilaksanakan vaksinasi secara nasional. Harapan kita,  dengan adanya vaksinasi, dapat tercapai herd Imunity atau kekebalan kelompok,” lanjutnya.

“Sementara itu, banyak terjadi bencana alam, perintah Presiden jelas, agar ikut membantu penanganan bencana alam di wilayah masing-masing, sesuai dengan undang-undang TNI,” tandasnya.

Danrem 091/ASN Brigjend TNI Cahyo Suryo Putro S.IP., M.Si. sejak pagi  hadir di apel Dansat tersebar mengatakan “Pelaksanaan Apel Komandan Satuan juga tujuan kegiatan tersebut untuk menyatukan visi dan misi, menciptakan kesamaan dalam pemahaman nilai-nilai jati diri prajurit Kodam VI/Mulawarman guna memelihara soliditas yang dibangun melalui komunikasi dua arah antara pimpinan Kodam VI/Mulawarman dengan para komandan satuan”.

Beberapa point penting yang harus dilakukan para Komandan Satuan jajaran Korem 091/ASN untuk tindakan  pencegahan terhadap terjadinya Karhutla dan penyiapan satuan kowil dalam melaksanakan program Ketahanan Pangan,”.

Kedua program tersebut merupakan perintah  Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo yang harus dilaksanakan secara optimal oleh seluruh satuan jajaran Kodam VI/Mulawarman,”imbuh Danrem.

Lebih lanjut lagi Danrem menambahkan tentang penggunaan  media dalam mengekspose kegiatan Kodam, baik media cetak, elektronik dan online.”Laksanakan publikasi kegiatan satuan jajaran secara proporsional, kreatif dan humanis  untuk menuju kemanunggalan TNI-Rakyat di wilayah Kodam VI/ Mulawarman dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD,” tuturnya.

Lanjut Danrem selesai kegiatan Apel Dansat se wilayah Kaltim diharapkan satuan TNI AD  lebih baik. “Prajurit meningkatkan disiplin solid sinergi dengan semua elemen bangsa sesuai harapan dari pimpinan semua bisa diwadahi  dalam melaksankan tugas  TNI AD.

“Keberhasilan Binsat (Pembinaan Satuan) menjadi kunci terciptanya kesiapan Satuan. Semakin banyak pengalaman, maka keinginan-keinginan organisasi bisa terwujud dengan baik”, tutup Danrem.

Kegiatan apel komandan satuan ini sesuai jadwal, dilaksanakan selama dua hari mulai 25 sampai 26 Maret 2021 di wilayah Korem masing-masing.

Sumber Penrem 091/ASN

Check Also

Coffee Morning Bentuk Keharmonisan Denpom VI/1 Samarinda dengan Wartawan

  Samarinda, Dalam rangka HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Denpom VI/1 Samarinda melaksanakan Bhakti Sosial …