Home / Buletin Militer / Tinjau Lokasi Penemuan Mortir Masih Aktif, Dandim Tarakan Himbau Warga Tetap Waspada

Tinjau Lokasi Penemuan Mortir Masih Aktif, Dandim Tarakan Himbau Warga Tetap Waspada

TARAKAN, KOREM091-TNIAD.MIL.ID. – Komandan Kodim 0907/Tarakan Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto Beserta Danramil Setempat menerima laporan dari warga RT. 19 Kel. Juata Laut Kota Tarakan adanya penemuan Mortir yang diindikasi sisa peperangan kemerdekaan. Sabtu, (4/1/2020).

 

Warga RT. 19 Kel. Juata Laut dikejutkan dengan penemuan bahan peledak jenis mortir yang diduga masih aktif. Penemuan bahan peledak jenis mortir tersebut kemungkinan sisa perang kemerdekaan, penemuan itu terjadi sekitar pukul 09.00 Wita di belakang halaman rumah warga Sdr. Hamzah.

Menanggapi Hal itu Komandan kodim 0907/Tarakan Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto Beserta Danramil Setempat bergegas menuju Lokasi penemuan Mortir tersebut.

Ia mengatakan saat itu, saudara Hamzah menggali tanah dibelakang rumahnya dan menemukan benda yang mencurigakan mirip bahan peledak. tanpa berfikir panjang Hamzah langsung berkoordinasi dan melaporkannya kepada Babinsa dan dilanjutkan ke Komando Atas untuk mengamakan benda berbahaya itu.

Kami sangat berterimakasih kepada warga yang cepat memberikan informasi kepada setiap petugas yang berkompeten untuk dilakukan pengamanan, karena bukan tidak mungkin setiap bahan peledak yang masih aktip jika tidak segera di tangani oleh Tim ahli bisa saja meledak sewaktu-waktu, Ini tentu sangat berbahaya untuk masyarakat banyak,” ujarnya.

ia juga menghimbau kepada masyarakat jika mengetahui keberadaan barang-barang berupa senjata bahan peledak yang mencurigakan segera memberikan informasi kepada aparat keamanan terdekat.

Oleh karenanya, masyarakat perlu waspada terhadap kemungkinan adanya peninggalan barang-barang militer kolonial.

“Untuk jenis yang sama, kemungkinan ini bekas peninggalan Perang Dunia II.Tuturnya.

TKP sudah di sterilkan oleh Kodim dan  Polres Tarakan, Barang bukti yang diamankan, 1 Buah Mortir Panjang 62 cm, diameter 52 cm, dengan berat 25 kg Status Aktif”.Pungkasnya.

Sumber Dim 0907/Trk