Home / Buletin Militer / Sigap Dan Tanggap Yonif 611/Awang Long Dalam Atasi Covid-19

Sigap Dan Tanggap Yonif 611/Awang Long Dalam Atasi Covid-19

KUTAI KARTANEGARA, KOREM091-TNIAD.MIL.ID.  –  Dengan mewabahnya Virus Corona (Covid-19) Yonif 611/Awl sigap dan tanggap dalam melaksanakan deteksi dini tentang pencegahan dan penyebaran Virus Corona (Covid-19), bertempat di Mako Yonif 611/Awl para Prajurit dan keluarganya diberikan sosialisasi oleh Dokter Yonif 611/Awl Lettu Ckm dr. Ignatius tentang bagaimana cara pembuatan antiseptik dan mencuci tangan dengan baik dan benar. Senin, (23/03/2020).

Selain kegiatan sosialisasi kepada Prajurit dan keluarganya, Yonif 611/Awl juga melaksanakan kegiatan lainnya seperti sterilisasi dengan menyemprotkan cairan desinfektan diseluruh ruangan kantor, penjagaan, masjid, paud dan kerumah para Prajurit, selain itu juga dilakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada seluruh Prajurit Yonif 611/Awl, sebagai langkah awal dalam mencegah dan memutuskan rantai penularan Virus Corono (Covid-19).

Danyonif 611/Awl pada kesempatan pertama menyampaikan “Virus Corona (Covid-19) merupakan Virus jenis baru yang ditemukan pada manusia di daerah Wuhan, China pada tahun 2019, Virus ini dapat menyerang manusia dan hewan, pada manusia biasanya menyebabkan penyakit infeksi saluran pernafasan. Kami telah melakukan himbauan dan penekanan kepada seluruh Prajurit dan keluarganya terkait Virus Corona (Covid-19) baik berupa gambar-gambar, anjuran dan kewajiban mencuci tangan apabila keluar dan masuk rumah serta larangan sesuai ST (Surat Telegram) dari Satuan Atas.” Jelas Mayor Inf Albert Frantesca, M. Han.

Lebih lanjut dikatakan “Kami pun berupaya melakukan tindakan pencegahan berupa penyemprotan Hidro Klorin atau desinfektan dan menyediakan alat pencuci tangan mengunakan sabun bagi warga yang berkunjung atau masuk ke Mako Yonif 611/Awl. Sehingga diharapkan para Prajurit dan keluarganya rajin mencuci tangan dengan sabun, ketika batuk atau bersin jangan lupa untuk menutup mulut dan hidung menggunakan tissue, sapu tangan atau lipatan siku, hindari kontak dekat dengan orang yang menunjukkan gejala Virus Corona (Covid-19) serta hindari kerumunan dan hendaknya menjaga jarak lebih dari 1 meter dengan orang di sekitar (Social Distancing).” tegasnya.

Bahwa perlu diketahui sampai saat per-23 Maret 2020 ada 514 orang positif (+) Virus Corona (Covid-19), 48 orang meninggal dan 29 orang sembuh.

Sumber Yonif 611/Awl