Home / Buletin Militer / Seminggu Tersesat di Hutan Malinau, Dalam Kondisi Drop Wisatawan Australia Diselamatkan Prajurit TNI

Seminggu Tersesat di Hutan Malinau, Dalam Kondisi Drop Wisatawan Australia Diselamatkan Prajurit TNI

MALINAU, KOREM091-TNIAD.MIL.ID. – Seminggu tersesat di hutan Malinau, dalam kondisi drop wisatawan Australia diselamatkan prajurit TNI.

Wisatawan mancanegara asal Australia tertolong setelah diselamatkan prajurit TNIyang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 303/Setia Sampai Mati (SSM) Kostrad.

Warga negara asing tersebut bernama Stephen Leonard Camkin, beserta tour guide bernama Mukhtar, hilang di dalam hutan selama kurang lebih sepekan.

Keduanya berhasil ditolong anggota TNI dengan kondisi yang sudah sangat lemah.

Dari informasi yang didapatkan, keduanya tersesat setelah ditinggalkan oleh pemadu wisata Desa Long Layu saat sedang berwisata di hutan kawasan Long Tua, Desa Apauping, Kecamatan Bahau Ulu, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara ( Kaltara ).

Keduanya ditinggalkan dengan dibekali logistik yang terbatas.

“Kurang lebih seminggu mereka tersesat di dalam hutan, sebelum akhirnya ditemukan anggota kita,” ucap Dansatgas Pamtas

RI-Malaysia Yonif Raider 303/SSM Kostrad, Letkol Inf Taufik Ismail, melalui siaran pers Pen Yonif Raider 303/SSM Kostrad, Sabtu (4/1/2020).

Ia menjelaskan, kabar adanya seorang wisatawan dan seorang tour guide hilang di dalam hutan, berawal dari informasi yang diterima Komandan SSK I Pos Apauping Satagas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 303/SSM Kostrad, Lettu Inf Suhendra dari Kepala Desa Apauping.

Lalu, delapan personel Satgas di bawah pimpinan Serda Satria Situmorang bersama warga lainnya langsung melakukan pencarian pada kamis (1/1/2020) lalu.

Setelah informasi itu diterima anggota, lalu anggota bersama warga langsung melakukan pencarian

. Anggota masuk ke dalam hutan dan menyisir sekitaran Sungai Bahau,” tutur Dansatgas.

Keduanya berhasil ditemukan di hulu Sungai Bahau dalam kondisi drop. Keduanya langsung dievakuasi, serta diistirahatkan di kediaman Kepala Desa Apauping sekaligus menunggu petunjuk lebih lanjut dari Polres Malinau.

Sumber Penrem 091/ASN