Home / Buletin Militer / Peringatan HUT TNI Ke – 74, Kapolda Kalimantan Utara Beri Kejutan

Peringatan HUT TNI Ke – 74, Kapolda Kalimantan Utara Beri Kejutan

 

 

TARAKAN, KOREM091-TNIAD.MIL.ID. Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) yang jatuh setiap tanggal 5 Oktober diperingati dengan Upacara Peringatan HUT TNI ke -74 yang menandakan terbentuknya TNI setelah Indonesia merdeka.

 

Upacara peringatan HUT TNI ke -74 dengan mengusung Tema “TNI Profesional Kebanggaan Rakyat” yang diikuti seluruh jajaran TNI-Polri wilayah Tarakan yang digelar di Appron Lanud Anb Jl. Aki Balak Kel. Karang Anyar Pantai Kec. Tarakan Barat dengan Inspektur Upacara Komandan Lanud Anang Busra Kol. Pnb Heri Kris Dri Handaka,S.Sos.M.M, Sabtu, (05/10/2019).

 

Dalam amanat Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang dibacakan oleh Danlanud Anb Kol.Pnb Heri Kris Dri Handaka mengatakan “Sebagai Alat Negara Tugas TNI tidak terlepas dari perubahan lingkungan strategis yang berkembang dinamis dan semakin komplek,perkembangan dunia telah menciptakan dimensi dan metode peperangan baru,kemajuan teknologi yang sangat berguna bagi kehidupan manusia juga membawa dampak disruftif diberbagai bidang”.

 

“Hal ini telah menjadikan konsep peperangan menjadi tidak lagi terbatas dalam suatu batas teritorial dan masuk ke berbagai dimensi. Sebagai contoh perang siber yang disertai perang informasi, walaupun tidak menghancurkan, namun sangat merusak bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Konsepkonsep inipun mengaburkan filosofi perang konvensional dengan menggeser dimensi waktu, karena perang-perang tersebut terjadi di masa damai. Ditambah lagi potensi bencana alam yang dapat terjadi setiap saat. Ancaman militer dan nir militer berubah dan TNI harus siap menghadapinya”.

 

“Menghadapi kompleksitas ancaman di atas, diperlukan Postur TNI ideal yang dibangun sesuai kebijakan pertahanan negara dan disusun dengan memperhatikan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan. Pembangunan Postur TNI meliputi pembangunan kekuatan, pembinaan kemampuan dan gelar kekuatan TNI”, tutupnya.

 

Upacara ditutup dengan pemberian secara simbolis hasil bedah rumah, Jambanisasi Bakti Sosial Kodim 0907/Tarakan kepada masyarakat penerima bantuan dan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada Prajurit termuda.

 

Tidak hanya itu Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit yang turut hadir juga memberikan kejutan dengan memberikan Kue Ucapan HUT TNI Ke – 74 diakhir acara. Suasana hangat dan penuh kekeluargaan membuktikan bahwa Sinergitas TNI-POLRI tetap terjaga dalam menjaga keutuhan NKRI diwilayah Tarakan.

 

Sumber Dim 0907/Trk