Home / Buletin Militer / Mulawarman Peduli. Kodim 0912/Kutai Barat Terus Berjuang Demi Tunas Bangsa Di Perdalaman

Mulawarman Peduli. Kodim 0912/Kutai Barat Terus Berjuang Demi Tunas Bangsa Di Perdalaman

KOREM091-TNIAD.MIL.ID. KUTAI BARAT. Tanamkan patriotisme dan cinta tanah air kepada generasi muda, Perwira Teritorial (Pasi Ter) Kodim 0912/Kutai Barat Kapten Arm Syamsu Dhuha memberikan materi wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi Pondok Pesantren (Ponpes) Sholat Alquran dan Sodaqoh (SAS) Sendawar, Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur, Kamis (11/7/2019).

Pentingnya menanamkan pemahaman wawasan kebangsaan dan cinta tanah air bagi generasi muda khususnya para pelajar harus dilakukan sejak dini sehingga ke depan diharapkan akan terbentuk generasi penerus bangsa yang berkarakter,” Ungkap Dandim 0912/Kubar  Letkol Inf Anang Sofyan Effendy.

Dandim juga mengatakan bahwa pemberian materi wawasan kebangsaan berupa materi kedisiplinan, cinta tanah air dan Pancasila, salah satu tujuannya untuk melatih kedisiplinan dan menanamkan jiwa nasionalisme sejak dini. “Ini bagian dari pendidikan karakter, diharapkan pada generasi penerus bangsa kedepan akan lebih tertanam sikap kedisplinan dan semangat kebangsaan serta mampu menerapkannya dalam keseharian”, kata Dandim.

Santri yang berjumlah kurang lebih 50 orang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, sebagai kata pengantar Pasi Ter mencoba menceritakan sebuah sejarah dan kisah para pejuang kemerdekaan Bangsa Indonesia, dimana pada zaman itu pejuang tersebut sebahagian besar adalah dari kalangan Ulama.

Maka dari itu saat ini kita semua memiliki tugas dan tanggung jawab dalam mempertahankan kemerdekaan dan perjuangan para pahlawan dari penjajah.

Pasi Ter juga mengajak terhadap santri agar menghormati Guru atau Kiai yang ada dalam pondok pesantren Sas ini. Berkahnya ilmu yang kita dapat dari seorang Guru adalah berkahnya Allah Swt, maka dari itu jangan pernah kecewakan Gurumu hargailah dan hormatilah atas jasa – jasanyalah kini kita bisa mengenal huruf demi huruf yang ada dalam Kitab Alquran.

“Teruslah berprestasi demi masa depan yang cerah, jangan pernah lupa bahwa dalam bernegara kita memiliki empat pilar yang selalu menguatkan kita semua yaitu, PANCASILA, UNDANG – UNDANG DASAR 1945, NKRI, dan BHINEKA TUNGGAL IKA. Semoga santri yang di pondok posantren SAS ini selalu dimudahkan dalam menuntut ilmu yang bermanfaat dan mengamalkan ke empat pilar tersebut”, pintanya.

Sumber Dim 0912 Kbr