Home / Buletin Militer / Kodim 0906 Tenggarong Gelar Apel Kesiapsiagaan Tanggap Bencana

Kodim 0906 Tenggarong Gelar Apel Kesiapsiagaan Tanggap Bencana

KOREM091-TNIAD.MIL.ID. KUTAI KARTANEGARA    Menghadapi cuaca ekstrem di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kodim 0906 Tenggarong, Polres Kukar bersama Forkopimda mengadakan Apel dan pengecekan Posko Terpadu Penanggulangan Bencana yang berpusat di lapangan upacara Makodim 0906/Tenggarong di jalan KH Ahmad Muksin, Kelurahan Timbau, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Selasa (7/1/2020).

Sejumlah peralatan antisipasi bencana  digelar bersama, lengkap dengan posko terpadu tanggap bencana, posko dapur lapangan, posko kesehatan dan posko evakuasi.

Bupati Kukar Edi Damansyah menyebutkan pihaknya ingin semua kekuatan personel dari Pemkab, TNI dan Polri  bisa dikerahkan ke seluruh daerah dengan tingkat kerawanan tertentu.

“Kami mengimbau masyarakat seluruh Kukar kita terus membangun kesiapsiagaan di lingkungan masing-masing,” kata Edi.

Dandim 0906/TGR Letkol (Inf) Charles Alling menyebutkan, ini merupakan komitmen TNI-Polri dalam mendukung program-program pemerintah daerah. Dia mengaku mengadopsi prinsip Jenderal legendaris Tiongkok, Tsun Zhu.

“Kenali dirimu, kenali musuhmu, dan kenali medan tempurmu. Dan kau akan memenangi seribu pertempuran” sebut Alling.

“Dalam konteks teritorial ini kita harus tahu, memprediksikan ancaman-ancaman yang harus kita antisipasi, itulah kenapa kita sudah gunakan metode-metode yang sistematis terukur dan efektif, bahkan dari jajaran Kodam VI Mulawarman pun sudah ada kontijensinya,” pungkasnya.

Kapolres Kukar AKBP Andrias Susanto Nugroho juga telah menginstruksikan jajaran Polsek untuk siaga bencana.

Apel kesiapsiagaan tanggap bencana di lanjutkan dengan pemeriksaan alat perlengkapan yang di gelar lengkap bersama posko terpadu tanggap bencana, posko dapur lapangan, posko evakuasi dan posko kesehatan serta perlengkapan lainnya yaitu perahu alang (alat angkut) air, kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat sebagai alat trasportasi di lapangan.

Pelaksanaan apel kesiapsiagaan bencana di ikuti oleh ratusan personil gabungan diantaranya anggota Makodim 0906/Tgr, Anggota Yonif 611/Awl, Anggota Yon Armed 18 komposit,  Anggota Polres,  Anggota Satpol PP,  Anggota BPBD Kukar, Anggota dishub Kukar,  Anggota Tagana Dinas Sosial,  Pemuda Panca Marga,  FKPPI dan Pramuka Saka Wira Kartika.

Sumber Dim 0906 Tgr