Home / Buletin Militer / Jelang Pelantikan Presiden Dan Wakil Presiden, TNI-POLRI Melaksanakan Patroli Gabungan

Jelang Pelantikan Presiden Dan Wakil Presiden, TNI-POLRI Melaksanakan Patroli Gabungan

KOREM091-TNIAD.MIL.ID.BALIKPAPAN–Pangdam VI/Mulawarman (Mlw) Mayjen TNI Subiyanto dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto melaksanakan Patroli Gabungan, Sabtu (19/10/2019) dalam rangka pengamanan jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden.

Dengan menggunakan  3 bus Pangdam dan Kapolda  didampingi para pejabat Kodam dan Polda berkeliling seputaran wilayah Kota Balikpapan Selatan, Timur dan Barat.

Patroli gabungan dibagi menjadi tiga rombongan yang terdiri dari rombongan  Pangdam dan Kapolda, rombongan Kasdam dan Wakapolda serta rombongan Irdam dan Irwasda.

Rombongan Pangdam dan Kapolda bergerak memantau wilayah Balikpapan Selatan dan singgah di Polsek Balikpapan Selatan. Selanjutnya Rombongan Kasdam dan Wakapolda bergerak menyusuri dan memantau wilayah Balikpapan Barat serta singgah di Koramil Balikpapan Barat.

Untuk rombongan Irdam dan Irwasda memantau situasi wilayah Balikpapan Timur serta singgah di Polsek Balikpapan Timur. Setelah memastikan situasi kamtibmas wilayah Balikpapan dinyatakan  aman, rombongan patroli kembali menuju titik kumpul di Polres Balikpapan.

Dalam kesempatan itu Pangdam VI/Mlw mengemukakan bahwa pelaksanaan pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden ini merupakan tahapan terakhir dalam rangkaian kegiatan Pilpres 2019. Siaga yang diberlakukan selama 3 hari, yaitu H-1 hari H dan H+1 terhitung dari hari Sabtu sampai dengan Senin. Dalam keterangannya juga disampaikan bahwa pasukan TNI yang dilibatkan dalam pengamanan di wilayah Kalimantan Timur sebanyak 2.145 personel.

Kapendam VI/Mlw Kolonel Kav Dino Martino mengatakan, patroli gabungan ini dilaksanakan dengan tujuan menciptakan rasa aman dan kondusif di lingkungan masyarakat menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden serta upaya mengantisipasi untuk mencegah oknum tertentu yang akan mengganggu  pelantikan Presiden dan Wakil Presiden agar mereka tidak melakukan tindakan anarkis yang bisa menimbulkan situasi yang tidak kondusif.

“Selain itu untuk meyakinkan kepada masyarakat kota Balikpapan, bahwa TNI-Polri bersinergitas menjaga serta menjamin keamanan ditengah masyarakat,” ujar Kapendam.

Sumber Penrem 091/ASN