Home / Buletin Militer / Jaga Daratan Pantai, TNI Tanam Ribuan Mangrove Serentak

Jaga Daratan Pantai, TNI Tanam Ribuan Mangrove Serentak

TARAKAN, KOREM091-TNIAD.MIL.ID. Mangrove atau Pohon Bakau sangat berarti penting, selain melestarikan ekosistem tanaman itu juga berperan menjaga daratan pantai jika terjadi gelombang besar seperti tsunami.

Menyikapi hal tersebut, Senin(07/10/2019) Lantamal XIII Tarakan bersama Kodim 0907/Tarakan menggelar Karya Bhakti Penanaman Pohon Mangrove sebanyak 3000 pohon, yang diikuti Instansi Pemerintah Kota Tarakan, Polri Serta masyarakat di Pantai Desa Tg. Batu Kel. Mamburungan Kec. Tarim yang juga dilakukan secara serentak di 14 wilayah, dalam rangka HUT TNI Ke-74 Tahun 2019.

Dalam kesempatan tersebut Danlantamal XIII Tarakan Laksma TNI Judijanto, M.Si., M.A menyampaikan “Penanaman pohon Magrove memiliki peranan penting, salah satunya untuk menjaga agar garis pantai tetap stabil selain itu masih banyak manfaat yang  baik langsung maupun tidak langsung bagi lingkungan sekitar khususnya bagi penduduk pesisir”, ujarnya.

“Hal ini bertujuan guna menyelamatkan bumi untuk anak cucu kita yang akan datang khususnya di Kalimantan Utara”, pungkasnya.

Terpisah Dandim 0907/Tarakan Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto mengatakan penanaman pohom mangrove ini merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap lingkungan hidup guna mencegah erosi dan abrasi pantai.

Hal ini senada dengan tugas TNI yang mana membantu tugas pemerintah daerah untuk mempersiapkan potensi nasional dalam membantu mensejahterakan rakyat, pungkasnya.

Sumber Dim 0907/Trk