Home / Buletin Militer / Danramil 0901-02/Samarinda Ilir, “Generasi Penerus Bangsa Berpedoman Kepada 4 Pilar Kebangsaan”

Danramil 0901-02/Samarinda Ilir, “Generasi Penerus Bangsa Berpedoman Kepada 4 Pilar Kebangsaan”

SAMARINDA, KOREM091-TNIAD.MIL.ID. –  Komandan Koramil (Danramil) 0901-02/Samarinda Ilir Mayor Inf Suntari memberikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dengan Materi Empat Pilar Kebangsaan / 4 Konsensus Kehidupan Berbangsa dan Bernegara kepada 80 mahasiswa Politehnik Kemaritiman dan 180  mahasiswa  (STIKES) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan  Rumkit Dirgahayu. Selasa, (10/9/2019).

Mayor Inf Suntari sebagai narasumber memberikan pemahaman kepada seluruh mahasiswa tentang materi 4 Pilar Pilar  Kebangsaan di antaranya mengenai pemahaman Pancasila, UUD 1945, BHINIKA TUNGGAL IKA dan NKRI serta memberikan pemahan tentang UUD 1945 PASAL 27 AYAT 3 Tentang hak dan kewajiban setiap Warga negara berhak dan wajib turut serta dalam kegiatan Bela negara.

Suntari menyampaikan kepada seluruh segmen organisasi tentang empat pilar kebangsaan, proxy war, bahaya narkoba dan bahaya laten atau bahaya komunis yang sedang hangat menjadi perbincangan akhir-akhir ini di media sosial maupun di lingkungan sekitar.“Kesemua itu adalah ancaman besar terhadap kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

Untuk itu beberapa negara ingin perlahan menghancurkan negara Indonesia dengan merusak generasi penerus melalui narkoba dan mencoba memecah belah persatuan dan kesatuan Indonesia menggunakan proxy war serta membangkitkan paham komunis yang menjadi bahaya laten bagi seluruh Rakyat Indonesia,” paparnya.

“Ancaman tersebut dapat kita lawan dengan menjaga persatuan dan kesatuan serta berpedoman kepada empat pilar kebangsaan diantaranya dengan mengamalkan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menjaga Kebhinneka Tunggal Ika,” terang Danramil 02/Samarinda Ilir.

Bangsa Indonesia harus selalu mawas diri dan waspada dengan perkembangan yang terjadi saat ini, khususnya perang aksi-aksi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab baik di Medsos dan lainnya, itu dapat berpengaruh buruk dan menghancurkan bangsa dan kesatuan NKRI.

Saat mengakhiri materinya, Danramil 02/Samarinda Ilir Mayor Inf Suntari mengajak seluruh peserta untuk menyanyikan bersama lagu ” Bagimu Negeri”.

Sumber Dim 0901/Smd