Home / Buletin Militer / Antisipasi Hadapi Bencana, Kodim 0913/PPU Gelar Kesiapsiagaan Tanggap Bencana

Antisipasi Hadapi Bencana, Kodim 0913/PPU Gelar Kesiapsiagaan Tanggap Bencana

KOREM091-TNIAD.MIL.ID. PENAJAM, – Dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana, Komandan Kodim  Letkol Inf Mahmud S. IP dan prajurit Kodim 0913/PPU

mengikuti rangkaian gelar Kesiapsiagaan Tanggap Bencana Tahun 2020 yang bertempat di lapangan Mapolres PPU Jl. Propinsi KM 09 Kelurahan Nipah-Nipah Kecamatan penajam Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Provinsi Kalimantan Timur ( Kaltim), Senin (13/01/2020).

Apel gelar Kesiapsiagaan Tanggap Bencana Tahun 2020 tersebut di pimpin langsung oleh Bupati PPU H. Abdul Gafur Mas’ud, S.E, dengan didampingi oleh, Kapolres PPU AKBP. M. Dharma Nugraha, S.SIK, Dandim 0913/Ppu Letkol Inf Mahmud S.Sos, Kajari  Darfiah, SH. MH, Ketua DPRD H. Jhon Kenedi, S.Sos serta Sekda Kap Ppu Drs H Tohar MM.

H. Abdul Gafur Mas’ud, S.E dalam sambutannya mengatakan, ”Sebagai negara yang berada di daerah rawan bencana, baik bencana yang disebabkan oleh faktor alam, non alam dan juga oleh ulah manusia, kejadian bencana di wilayah Kab. PPU terus meningkat dari tahun ke tahun,” tuturnya.

“Meskipun telah terbentuk BPBD, kami menyadari bahwa BPBD tidak dapat bekerja sendiri dalam penanggulangan bencana, perlu keikutsertaan aktif dari Polri dan TNI, instansi terkait serta warga masyarakat yang semua menunjang dalam penanggulangan bencana dengan peran dan fungsinya masing-masing,”kata Bupati PPU.

Selesai apel gelar Dandim 0913/PPU Letkol Inf Mahmud S.IP menambahkan kepada awak media,” Perlu dipahami filosofi dari penanggulangan bencana yaitu pengurangan risiko bencana yang berupaya menjauhkan rakyat dari bencana, dan menjauhkan bencana dari rakyat,”tegasnya.

“ Apel Kesiapsiagaan Bencana ini di laksanakan Guna mempersiapakan Baik Personil dan Materiil agar Kelengkapan Kesiapsiagaan Tanggap Bencana apabila terjadi di wilayah Teritorial Kodim 0913/PPU ,dan kami TNI selalu siap kapanpun untuk di gerakkan apabila terjadi bencana ,”tutup Dandim.

Sumber Dim 0913 PPU