Home / Buletin Militer / 86 Prajurit Kodam VI/Mulawarman Berangkatkan Tugas Ke Maluku dan Papua

86 Prajurit Kodam VI/Mulawarman Berangkatkan Tugas Ke Maluku dan Papua

KOREM091-TNIAD.MIL.ID. BALIKPAPAN – Pangdam VI/Mulawarman (Mlw) Mayjen TNI Subiyanto pimpin langsung pengantaran Tugas Apter Kodam VI/Mulawarman ke Kodam XVI/Pattimura, Kodam XVII/Cenderawasih dan Kodam XVIII/Kasuari TA 2019 di Aula Makodam VI/Mlw, Selasa (2/7/2019).

Dalam sambutannya Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto menyampaikan, pelaksanaan tugas Apter Kodam VI/Mulawarman ke Kodam XVI/Pattimura, Kodam XVII/Cenderawasih dan Kodam XVIII/Kasuari bertujuan untuk membantu proses pengembangan dan pembangunan 31 Kodim baru di tiga Kodam tersebut.

Dalam hal ini Mabesad telah membentuk Satgas yang berisi personel Kodam-Kodam dari seluruh Indonesia termasuk di dalamnya bantuan personel dari Kodam VI/Mulawarman yang berjumlah 86 personel yang dibagi dengan rincian, untuk Kodam XVI/ Pattimura sebanyak 32 orang, Kodam XVII/Cenderawasih 38 orang dan Kodam XVIII/Kasuari 16 orang.”Kata Mayjen TNI Subiyanto.

Perlu diketahui, dalam pelaksanakan tugas di lapangan, para personel akan diberikan pembekalan selama 12 hari di Rindam Kotama dimana di tempatkan, untuk diberikan pengetahuan dan informasi berkaitan dengan situasi kondisi Ipoleksosbud dan pengetahuan teritorial untuk menunjang pelaksanaan tugas.

Pelaksanaan tugas selama kurang lebih 1 tahun harus dapat dimaknai sebagai amanah dan kehormatan, sekaligus kebanggaan karena tidak setiap prajurit mendapatkan kesempatan untuk mengemban tugas tersebut. Oleh karena itu, diharapkan kepada personel Satgas agar melaksanakan tugas ini dengan penuh semangat pengabdian, disertai dedikasi dan disiplin yang tinggi.”Terang Mayjen TNI Subiyanto.

Disamping itu dalam pelaksanaan tugas agar melakukan pembinaan kepada putra putri prajurit yang berminat masuk sebagai prajurit TNI, pendekatan juga perlu dilakukan dengan Kepala Pemerintah Daerah guna mendapat dukungan dan respon positif dalam mendukung pembentukan satuan Kodim yang baru di wilayahnya.

Sesuai informasi dari Aster Kasdam VI/Mlw, untuk personel Satgas BKO yang bersedia menjadi organik di Kodim wilayah penugasannya masing-masing akan dinaikkan pangkat 1 tingkat lebih tinggi sebagai bentuk apresiasi pimpinan TNI AD kepada prajurit.”Imbuh Mayjen TNI Subiyanto.”

Mengakhiri sambutannya Pangdam VI/Mlw berpesan agar seluruhnya yang bertugas tetap menjaga solidaritas dan soliditas satuan dalam pelaksanaan tugas, selalu berkoordinasi dengan pihak terkait dalam menunjang pelaksanaan tugas di lapangan.

Agar selalu menjalankan ibadah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa di manapun berada dan bertugas sesuai agama masing-masing agar diberikan kemudahan dalam melaksanakan tugas.”Pungkas Mayjen TNI Subiyanto.

Narasumber Pendam VI/Mulawarman